Friday, August 25, 2017
Home > News > Usulkan RJA Apartemen, Empati DPR Dipertanyakan

Usulkan RJA Apartemen, Empati DPR Dipertanyakan

Usulkan RJA Apartemen, Empati DPR Dipertanyakan

Uchok Sky Khadafi

Jakarta – Rencana DPR akan mengusulkan Rumah Jabatan Anggota (RJA) berupa apartemen mulai mendapat tanggapan penolakan. DPR dianggap kehilangan empati terhadap kondisi melarat yang masih dirasakan banyak masyarakat miskin di Indonesia saat ini.

Direktur Eksekutif Centre of Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi meminta DPR menghentikan usahanya tersebut untuk mendapatkan fasilitas apartemen.

“Sebaiknya DPR urungkan keinginan itu. Harusnya mereka sadar bahwa masih ada rakyat miskin saat ini dimana tempat tinggalnya hanya beratapkan rumbia, lantai rumahnya hanya beralaskan tanah liat dan ketika hujan jadi becek. Jangankan bicara mesin pendingin (AC) seperti di apartemen-apartemen pada umumnya, untuk makan pun rakyat miskin ini kesusahan,” ujar Uchok di Jakarta, Kamis (10/08/2017).

Uchok mengatakan pemberian fasilitas apartemen bagi anggota DPR malah menunjukkan kesan elitisme para wakil rakyat. Disatu sisi, kata dia, fasilitas apartemen bukan menjadi kebutuhan pokok yang justru akan banyak menghabiskan uang negara.

Uchok berharap para anggota DPR memaksimalkan penggunaan fasilitas RJA yang sudah ada. Pasalnya, menurut dia, terdapat banyak fasilitas rumah bagi anggota yang sebenarnya kurang dimanfaatkan. 

“Coba lihat perumahan angota dewan di Kalibata, saat ini perumahaan tersebut, semuanya tidak ditempati oleh anggota dewan. Makanya apartemen yang akan dibangun akan serupa nasibnya seperti perumahan DPR Kalibata, dimana yang menempati adalah bisa keluarga, kader partai atau tenaga ahli DPR. Akibatnya anggaran pemeliharaan fasilitas DPR disalahgunakan peruntukannya,” ungkapnya.

Diketahui, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, bila anggaran Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) DPR 2018 naik, dia akan mengusulkan pembangunan apartemen untuk Anggota Dewan di Taman Ria Senayan, Jakarta Pusat.

“Anggota DPR pada masa datang, dia mesti tinggal di dekat DPR. Itu ide dari perluasan (kawasan). Kalau dia tinggal dekat DPR, dia tidak ada alasan macet. Karena jalan kaki dari Taman Ria ke sini (DPR),” kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2017).

TAGS : Rumah jabatan DPR CBA Uchok

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19988/Usulkan-RJA-Apartemen-Empati-DPR-Dipertanyakan/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz